Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Apartemen » FAKTOR YANG SEBAIKNYA ANDA PERHATIKAN SAAT JUAL BELI APARTEMEN

FAKTOR YANG SEBAIKNYA ANDA PERHATIKAN SAAT JUAL BELI APARTEMEN

(2033 Views) January 19, 2015 2:20 am | Published by | No comment

k2-park-superblok 2015Jual beli apartemen sekarang ini telah menjadi hal yang lumrah terjadi di kota-kota besar. Khususnya bagi beberapa kalangan yang sekiranya tidak mendapatkan lahan untuk membangun rumah impiannya di area tertentu atau ketika merasa kurang cocok untuk membeli bangunan rumah yang sudah jadi. Maka apartemen akan menjadi pilihan lain untuk dijadikan hunian tempat tinggal baik bagi yang masih sendiri ataupun yang sudah berkeluarga. Namun ada beberapa kriteria yang perlu anda pertimbangkan dan pahami sebelum anda menyetujui praktek jual beli apartemen di lokasi tempat anda tinggal, yaitu:

Pengecekan Awal Kondisi dan Perjanjian Jual Beli

Hal yang perlu anda perhatikan pertama kali jika anda berniat untuk mengadakan kesepakatan jual beli apartemen, khususnya jika untuk membeli apartemen dari pihak developer tertentu maka akan jauh lebih baik jika anda melakukan kroscek awal mulai dari kondisi terkini dari apartemen yang ditawarkan, kelengkapan surat-surat yang dimiliki oleh pembeli apartemen sebelumnya, atau jika apartemen itu dijual langsung oleh pihak developer periksa kelengkapan surat dan klausul perjanjian yang tertera dalam perjanjian jual beli apartemen tersebut. Berkaitan dengan kondisi apartemen, anda perlu memeriksa kondisi bangunan apartemen dan kondisi perabotan di dalam apartemen tersebut untuk kenyamanan anda nantinya. Jika apartemen tersebut dijual dengan bantuan broker atau agen properti tertentu maka periksalah keaslian surat kuasa yang diberikan oleh pemilik terkini yang dimiliki oleh pihak broker atau anda dapat memeriksa keaslian surat kuasa tersebut ke kanor notaris yang mengeluarkan surat kuasa tersebut. Periksa pula surat IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) yang dimiliki oleh apartemen tersebut serta surat developer untuk membuktikan pemakaian bangunan sudah sesuai dengan ijin yang diberikan. Agar anda tidak akan mendapatkan masalah di kemudian hari jika semisal anda ingin merenovasi bangunan apartemen yang anda miliki.

Perjanjian Jual Beli Apartemen

Hal berikutnya yang perlu anda perhatikan berkaitan dengan kesepakatan jual beli apartemen adalah poin-poin perjanjian yang tertulis dalam kesepakatan jual beli. Periksa poin perjanjian yang diajukan baik jika posisi anda sebagai pihak pembeli atau pihak penjual. Terutama jika posisi anda adalah sebagai pihak pembeli yang berrniat untuk mengadakan perjanjian jual beli dengan broker atau agen properti apartemen, periksa denda atau kerugian apa saja yang akan anda alami nantinya berkaitan dengan sistem pembayaran atau sistem ganti rugi, semisal nantinya anda memutuskan tidak jadi membeli apartemen tersebut di kemudian hari. Bagi pihak penjual pun perlu diperhatikan resiko apa yang akan anda hadapi terkait dalam sistem perjanjian jika ternyata bangunan yang anda jual bermasalah seperti misalnya ada kelengkapan surat yang hilang atau ternyata apartemen tersebut menjadi sengketa kepemilikan anda dengan orang lain. Jika tidak ada permasalahan dalam hal kepemilikan, ijin ataupun prosedur maka prosedur yang akan berlangsung berikutnya adalah pembuatan PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli).

Pengecekan Akhir Akta Jual Beli

Hal selanjutnya yang berkaitan dengan kesepakatan jual beli apartemen adalah pengecekan akhir tentang akta jual beli. Jika pemilik dari apartemen adalah pasangan suami istri maka penandatanganan akhir akta jual beli biasanya akan membutuhkan tanda tangan dari keduanya, yang disaksikan oleh pihak pembeli beserta saksi notaris untuk memastikan keabsahan perjanjian dan mungkin pula ditemani oleh pihak developer atau agen sebagai saksi tambahan perjanjian jual beli apartemen.

Semoga tips diatas membantu anda sebelum mengambil keputusan untuk perkara jual beli apartemen.

No comment for FAKTOR YANG SEBAIKNYA ANDA PERHATIKAN SAAT JUAL BELI APARTEMEN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *