Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita Properti » Hanya Butuh Waktu 3 jam untuk Bangun Rumah Tahan Gempa Ini

Hanya Butuh Waktu 3 jam untuk Bangun Rumah Tahan Gempa Ini

(1492 Views) December 18, 2014 8:30 am | Published by | No comment

rumah tahan Gempa 2015Studio arsitek Vietnam Vo Trong Nghia meluncurkan karya terbaru seri “S House” mereka. S House sendiri adalah hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di daerah beriklim tropis.

Sebelumnya, mereka sempat membuat rumah bermodel baja pada 2012 dan rumah beton yang dibuat di pabrik pada April 2014. Kini, desain ketiga “S House” mengkombinasikan keuntungan pendahulunya untuk mewujudkan rumah dengan tingkat daya tahan dan fleksibilitas lebih tinggi.

Seperti rumah-rumah mereka sebelumnya, strategi konstruksi dasarnya adalah komponen modular yang dibangun secara manual dalam waktu tiga jam. Komponen modular itu juga dikombinasikan dengan desain prefabrikasi yang membantu mengontrol kualitas, manajemen biaya, dan produksi dalam jumlah banyak di masa depan.

Selain itu, karena saluran air masih menjadi metode transportasi dominan di daerah-daerah tertentu di Vietnam, strukturnya yang ringan memungkinkan bahan-bahan rumah tersebut dibawa di atas perahu-perahu kecil.

Hunian yang didesain tahan bencana alam ini dibuat dari baja ringan dengan dinding kisi ramping menopang keseluruhan struktur. Desain tersebut membuat hunian ini lebih ringan daripada S House sebelumnya, yaitu dengan berat 1.200 kilogram.

Memang, meskipun rumah tersebut didesain untuk komunitas di kawasan Mekong Delta, Vietnam, proyek “S House” juga bisa diterapkan di luar Asia, yang umumnya masyarakatnya berpenghasilan rendah dan kesulitan memiliki rumah.

 

 

Sumber : Kompas . com

Tags:
Categorised in:

No comment for Hanya Butuh Waktu 3 jam untuk Bangun Rumah Tahan Gempa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *