Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Apartemen » Inilah Tips Beli Apartemen di Tahun Baru 2015 Untuk Pemula

Inilah Tips Beli Apartemen di Tahun Baru 2015 Untuk Pemula

(2687 Views) December 26, 2014 4:23 pm | Published by | No comment

apartemen-tangerang 2015Tips Beli Apartemen

Beli apartemen jelas bukan pekara mudah. Memang benar di sejumlah kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, atau Surabaya kini semakin banyak dibangun apartemen murah dengan fasilitas mumpuni bergantung dengan segmen pasar yang disasar. Namun, seperti yang Anda tahu banyak pilihan bukan berarti mudah menentukan pilihan. Tepatnya ada beberapa bahan pertimbahan yang perlu dipikirkan secara matang. Terlebih bila kali ini bakal menjadi kali pertama Anda membeli apartemen baru. Sebagai pemula tentu Anda membutuhkan panduan atau tips membeli apartemen supaya tidak salah pilih.

 

Tahun baru 2015 sebentar lagi tiba. Mendekati momen spesial seperti tahun baru ini umumnya harga apartemen pun akan lebih tinggi dibanding sebelumnya. Meskipun demikian, Anda jangan terburu-buru membeli apartemen hanya karena takut harga akan naik. Anda senantiasa harus tetap bijak dan memperhatikan beberapa tips berikut ini:

 

  • Survey Apartemen

Langkah awal yang mesti Anda lakukan bila ingin membeli apartemen untuk kali pertama yaitu melakukan survey guna mendapat daftar apartemen yang patut untuk dipertimbangkan. Dalam hal ini Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara browsing internet atau mencari info dari banyak sumber. Anda bisa juga meminta rekomendasi anggota keluarga, teman, atau rekan kerja yang sudah berpengalaman. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang tidak ada salahnya juga bila menggunakan jasa agen properti yang sudah mumpuni di bidang jual beli apartemen.

 

  • Tinjau Lokasi

Setelah Anda mengantongi daftar apartemen yang masuk kriteria, segera lakukan peninjauan langsung ke lokasi. Perlu Anda tahu, sebagian besar apartemen dijual dalam bentuk gambar karena masih berupa lahan kosong yang baru akan dibangun. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda melakukan peninjauan secara langsung ke lokasi. Dengan meninjau secara langsung Anda bisa menilai apakah lokasi cocok dengan harapan dan dekat dengan sejumlah fasilitas umum atau tidak. Selain itu, penting pula untuk mencari tahu beberapa hal terkait lahan dan bangunan apartemen. Misal Anda bisa bertanya kapan pembangunan dimulai, kapan pembangunan selesai, sudah adakah IMB, status kepemilikan, dan beberapa hal lain terkait transaksi beli apartemen.

 

  • Pertimbangkan Fasilitas yang Dijanjikan

Mengingat umumnya apartemen yang dijual masih berupa gambar, maka Anda selaku calon pembeli mesti lebih agresif bertanya. Tidak perlu sungkan bertanya misal mengenai fasilitas yang dijanjikan. Adapun beberapa fasilitas standar yang biasa disediakan yaitu kolam renang, taman, arena olahraga, dan lain-lain. Pastikan sejumlah fasilitas yang Anda butuhkan sudah tersedia. Daftar sejumlah fasilitas yang dijanjikan dalam bentuk tabel untuk masing-masing apartemen yang Anda incar.

 

  • Bandingkan Harga yang Ditawarkan

Setelah melakukan survey, melakukan peninjauan langsung, dan mendaftar fasilitas yang dijanjikan lanjutkan dengan mencatatnya dalam bentuk tabel. Anda bisa memanfaatkan tabel check list untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan tabel chek list Anda bisa langsung mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki apartemen A dan apa yang tidak dimiliki apartemen B, dan seterusnya. Pilih apartemen yang menurut Anda paling mendekati harapan.

Itulah beberapa tips beli apartemen di tahun 2015 untuk pemula. Cukup mudah untuk diikuti bukan. Ada baiknya dalam proses ini Anda melibatkan anggota keluarga terlebih bila apartemen memang akan digunakan bersama-sama. Dengan beberapa tips di atas, semoga bisa membantu Anda mendapatkan apartemen yang cocok. Sekian info kali ini dan semoga sukses.

 

 

No comment for Inilah Tips Beli Apartemen di Tahun Baru 2015 Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *