Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Apartemen » Investasi Rumah vs Apartemen, Manakah Yang Anda Pilih?

Investasi Rumah vs Apartemen, Manakah Yang Anda Pilih?

(862 Views) September 25, 2015 4:20 am | Published by | No comment

Terdapat banyak jenis dari bisnis investasi, seperti emas, deposito, saham, tanah, dan lainnya. Tahukah Anda salah satu bisnis investasi yang sangat diminati masyarakat? Bisnis investasi property. Bisnis ini pun masih terbagi dalam beberapa macam, seperti Tanah, Apartemen, Gedung, Rumah. Banyak orang yang melakukan bisnis ini dengan alasan memperoleh banyak keuntungan besar. Banyak contoh dari bisnis property ini, seperti bisnis kos-kosan, ruko, rumah, yang kesemuanya itu bertujuan untuk mendapat pendapatan tambahan.

sky terrace
Walaupun mempunyai keuntungan sangat besar, akan tetapi investasi jenis satu ini juga dapat memberi suatu kerugian, misalnya ada biaya untuk perawatan, adanya penyusutan nilai bangunan, serta lainnya.

Agar lebih sedikit memudahkan gambarannya, berikut kami sajikan kelebihgan dan juga kelemahan berinvestasi di rumah dibandingkan dengan apartemen :

 

Jenis Investasi Rumah

Kelebihan:

– Meski nilai jual kembali-nya juga sedang, tetapi sangat menjanjikan. Dalam hal kenaikan harga rumah memang Anda ketahui lebih kecil dibanding harga kenaikan tanah.

– Sebuah rumah tentunya akan lebih mudah dijual dibanding tanah. Jadi orang pastinya akan memilih membeli rumah daripada tanah.

– Bisa Anda jadikan agunan pada bank.

– Rumah bisa Anda manfaatkan sebagai tambahan penghasilan bulanan dengan menyewakannya.

Kekurangan:

– Nilai jual rumah juga mengalami penyusutan pada tiap tahun.

– Memerlukan adanya dana untuk digunakan dalam membayar pajak bangunan, sehingga akan relatif lebih mahal daripada tanah.

Perlu juga sebuah rumah untuk diasuransikan untuk dapat berjaga-jaga. Hal semacam ini akan dapat menambah pengeluaran

 
Jenis Investasi Apartemen

Kelebihan :

– Harga jual suatu apartemen jauh lebih tinggi dari sebuah rumah, dan hal ini menjadikan orang banyak yang lebih memilih membeli sebuah apartemen dengan posisi strategis dibanding rumah strategis.

– Apartemen dapat menambah pendapatan Anda yakni dengan menyewakannya kembali.

Kekurangan :

– Dalam hal biaya perawatan memang relatif lebih mahal

– Nilai jual kembali juga relatif lebih kecil dari jenis investasi rumah maupun tanah, hal ini karena menyusutnya nilai apartemen pada tiap tahunnya.

– Apartemen tidak bisa Anda renovasi. Umumnya tak jarang terjadi permasalahan dengan para pemilik apartemen lain, misal terjadinya pipa bocor yang akhirnya apartemen Anda juga perlu diperbaiki.

 

Jadi, investasi manakah yang Anda pilih nantinya?

sumber : berbagai sumber

image    : indigo bekasi

No comment for Investasi Rumah vs Apartemen, Manakah Yang Anda Pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *