Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Rumah Minimalis » Mendesain Rumah Minimalis 1 Lantai Idaman

Mendesain Rumah Minimalis 1 Lantai Idaman

(707 Views) October 22, 2014 6:37 am | Published by | No comment

model Rumah Minimalis 1 Lantai 2015 prioritas landRumah minimalis menjadi pilihan banyak orang karena bentuknya yang simpel namun tetap elegan sangat cocok untuk dibangun di lahan terbatas. Di samping alasan ketersediaan lahan, masalah dana juga menjadi salah satu yang dipertimbangkan dalam pembangunan rumah. Tak heran apabila beberapa orang pun lebih memilih desain denah rumah minimalis 1 lantai.

Hal yang diperhatikan ketika memilih desain rumah minimalis 1 lantai ialah pemanfaatan lahan secara efektif sehingga untuk membuat konsep rumah minimalis 1 lantai yang tepat tidak dapat dilakukan asal-asalan. Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk membuat denah rumah minimalis 1 lantai.

  1. Memilih denah

–     Desain denah sendiri

Melihat pada lahan yang tersedia—21 m2, 36 m2, 45 m2, atau 54 m2—Anda mungkin memiliki bayangan akan didesain model apa rumah tersebut. Penting kemudian memproyeksikan denah bayangan Anda tersebut ke gambaran nyata baik secara manual dengan kertas, atau—bagi yang akrab dengan teknologi—bisa dengan memanfaatkan software gambar seperti AutoCad. Dengan menggambarkan denah, Anda dapat sekaligus memperhitungkan luas masing-masing ruangan dengan lebih konkret.

–     Konsultasi dengan ahli/arsitek

Setelah memiliki rancangan denah rumah minimalis 1 lantai, tidak ada salahnya apabila Anda mengkonsultasikan desain tersebut ke ahli tata ruang atau arsitek. Hal ini selain untuk meninjau proporsi dari denah rumah minimalis, juga sekaligus untuk mendapat saran-saran mengenai tata letak yang dapat mengatur masuknya pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

  1. Trik denah

–     Utamakan ruangan-ruangan utama

Mengingat lahan dari rumah minimalis 1 lantai sangat terbatas, maka prioritaskan penempatan ruang-ruang utama seperti kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan dapur di dalam rancangan denah. Baru ketika terdapat space yang tersisa, Anda bisa menambahkan ruang lain atau mungkin taman.

–     Penggabungan ruangan

Keterbatasan lahan seharusnya memaksa pemilik rumah lebih kreatif untuk memanfaatkan ruang secara multifungsi. Pemberian terlalu banyak sekat pada rumah dapat membuat efek sesak, sehingga ada baiknya apabila Anda membuat denah dengan menggabungkan beberapa ruang sekaligus. Tentu saja dengan penataan yang strategis.

Demikian beberapa panduan untuk membuat denah rumah minimalis 1 lantai Anda cantik dan tetap fungsional. Jadi jangan ragu untuk terlibat langsung dalam seluruh proses mendesain denah rumah Anda sendiri.

No comment for Mendesain Rumah Minimalis 1 Lantai Idaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *