Menu Click to open Menus
Home » Urban Jabodetabek » Pembangunan Empat Tol di Depok terhambat oleh Pembebasan Lahan

Pembangunan Empat Tol di Depok terhambat oleh Pembebasan Lahan

(962 Views) November 5, 2014 6:46 am | Published by | No comment

gambar tol depokBerdasarkan data DPRD Depok, pembebasan lahan Tol Cijago baru 63 persen. Yakni baru 84 hektar dari total 134,21 hektal lahan yang dibutuhkan. Tol Desari dari 88,75 hektar, baru 28,81 hektar yang dibebaskan atau 32,40 persen sejak 2008. Sedangkan tol Cimanggis – Nagrak (Cici) dari 14,99 hektar, sudah dibebaskan seluas 10,67 hektar atau sudah 72 persen. Sementara Cimanggis – Cibitung (Cici) butuh 98,65 hektar dan belum dibebaskan sama sekali.

Kota Depok merupakan satu-satunya kota yang dikelilingi empat tol. Keempat tol itu adalah tol Cinere – Jagorawi (Cijago) dan Depok – Antasari (Desari). Kemudian tol Cimanggis – Nagrak dan Cimanggis – Cibitung. Namun pembangunan tol itu terhambat oleh pembebasan lahan. Karena itu Kementerian Pertanahan dan Agraria diminta untuk mempercepat pembebasan lahannya.

“Kementerian agraria sebenarnya sudah ada sejak zaman Gusdur. Jadi bukan barang baru. Kementerian ini mengatasi soal penataan tanah, persoalan tanah, dan penyelesaiannya. Karena itu kami minta Kementerian Pertanahan untuk mempercepat pembebasan lahan,” kata Wakil Ketua Komisi A DPRD Depok bidang perizinan, Hamzah.

Menurut Hamzah, Kementerian Pertanahan diharapkan bisa mempercepat penyelesaian persoalan pembebasan lahan. Karena tol begitu mendesak serta akan menarik minat investor di Depok. Sosialisasi masyarakat selalu tarik menarik soal ganti rugi harga tanah, aspek ekonomi masyarakat juga diperhatikan,” tuturnya.

 

Sumber : depoknews. com

No comment for Pembangunan Empat Tol di Depok terhambat oleh Pembebasan Lahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *