Menu Click to open Menus
Home » Berita Properti » Pengembang akan Naikkan Harga Rumah Januari 2015, Setelah BBM Naik

Pengembang akan Naikkan Harga Rumah Januari 2015, Setelah BBM Naik

(1712 Views) November 20, 2014 8:13 am | Published by | No comment

Harga Rumah Januari 2015Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi bakal mengerek harga rumah akibat kenaikan harga bahan bangunan. Pengembang properti masih mengkalkulasi waktu yang tepat untuk menaikkan harga rumah. Mereka memperkirakan harga rumah akan naik pada Januari 2015 akibat kenaikan harga BBM.

Ketua Dewan Kehormatan DPP Realestate Indonesia (REI) Teguh Satria mengatakan, ‎meski rumah sudah menjadi kebutuhan pokok, tak serta merta harganya akan naik ketika harga BBM naik.

Teguh menegaskan, pengembang tak bisa langsung bergerak cepat menaikkan harga rumah, karena perlu perhitungan yang matang agar pasar rumah tersebut tetap ada dan berlanjut. Apalagi sepanjang tahun ini penjualan dan harga rumah cenderung melambat.

‎”Pengembang itu harus memperhitungkan daya beli masyarakat. Kalau kita naikkan nanti tidak laku. Harus ada perhitungan. Karena BBM ini dampaknya kepada psikologis masyarakat,” kata Teguh ditemui di sela acara Rakernas REI di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (18/11/2014).

Teguh mengatakan, kenaikan harga rumah tetap akan terjadi karena dipicu oleh naiknya harga bahan bangunan yang terjadi karena terkereknya biaya logistik akibat BBM naik. Namun pengembang tak bisa menaikkan harga rumah langsung tahun ini.

“Perkiraan saya akan terjadi sekitar Januari (2015),” tuturnya.

Teguh memperkirakan kenaikan BBM ini bakal berdampak terkereknya harga rumah paling besar hingga 12%. Bahkan ada yang memperkirakan kenaikan harga rumah bisa sampai 20% karena faktor psikologis. “Perkiraan saya nggak lebih dari 12%. Kurang lebih seperti itu,” katanya.

 

Suber : Kompas

Categorised in:

No comment for Pengembang akan Naikkan Harga Rumah Januari 2015, Setelah BBM Naik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *