Menu Click to open Menus
Home » Interior Design » Tips Melindungi Furniture dari Serangan Jamur

Tips Melindungi Furniture dari Serangan Jamur

(196 Views) December 5, 2016 7:08 am | Published by | No comment

melindungi-furniture-dari-serangan-jamur 2017Dalam kondisi tertentu, furniture kayu yang menjadi kegemaran banyak orang dapat dihinggapi jamur. Khususnya pada musim penghujan seperti saat ini, jamur pada furniture tidak saja merusak tampilan namun juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan seisi rumah. Kami punya tips mudah menghindari jamur pada furniture kayu Anda sekaligus mengatasinya.

1.   Cermat Memilih Jenis Kayu untuk Furniture

Sebagai pengetahuan awal, kayu dengan pori-pori besar seperti particle board lebih rawan ditumbuhi jamur dibandingkan dengan kayu dengan pori-pori kecil. Sebagai pencegahan, hindari menempelkan furniture ke dinding rumah. Letakkan furniture kurang lebih 5-10 Cm dari dinding untuk memberikan celah udara yang mencegah furniture beserta isinya menjadi lembab.

2.   Rutin Membersihkan Seluruh Bagian Rumah

Jamur tidak hanya dapat tumbuh dari dalam ruangan, tetapi juga bisa terbawa masuk dari luar rumah. Untuk itu Anda perlu rutin membersihkan rumah dan semua perabot. Hindari membersihkan perabot kayu dengan kain basah, karena air akan masuk pori-pori kayu dan beresiko membuatnya menjadi lembab.

3.   Melancarkan Sirkulasi Udara di Dalam Rumah

Sirkulasi udara yang baik mampu menekan kelembaban dalam rumah. Akan lebih baik apabila ruangan Anda memiliki jendela atau ventilasi ke arah luar, meskipun ruangan sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Bisa juga gunakan perangkat tambahan seperti dehumidifier atau exhaust fan untuk menjaga sirkulasi udara dan mengurangi kelembaban ruangan.

4.   Beri Pencahayaan yang Cukup Di Dalam Ruangan

Selain menjaga sirkulasi udara di dalam rumah, keberadaan jendela juga menjadi jalan masuk bagi cahaya matahari alami. Dengan demikian ruangan tidak akan menjadi lembab. Selain pencahayaan dari matahari, penggunaan lampu LED atau lampu TL sebagai penerangan buatan dapat membantu menjaga perabot tetap kering sehingga pertumbuhan jamur dapat dicegah.

5.   Pastikan Barang yang Disimpan Dalam Keadaan Kering

Kelembaban di ruangan sudah terjaga, bagaimana dengan kelembaban bagian dalam furniture? Apabila furniture kayu Anda berupa tempat penyimpanan seperti lemari dan rak, pastikan barang-barang yang tersimpan di dalamnya dalam keadaan kering. Pakaian yang belum kering sempurna di dalam lemari atau sisa-sisa air pada piranti masak yang tersimpan di rak dapat mengundang tumbuhnya jamur. Atasi dengan kemper penyerap air atau minamal kapur barus supaya tidak tumbuh jamur.

6.   Oleskan Alkohol, Jika Furniture Sudah Pernah Terkena Jamur

Jika furniture Anda sudah terlanjur terkena jamur, hal yang paling umum dilakukan adalah menyekanya dengan kain basah. Namun, itu belum cukup karena akan selalu ada kemungkinan jamur tumbuh kembali. Oleh karena itu, sebelum memasukkan kembali pakaian, atau gelas dan piring ke dalam tempat penyimpanan kayu, oleskanlah alkohol terlebih dahulu di permukaannya. Alkohol dapat membersihkan dan membunuh jamur, serta cepat menguap atau kering.

No comment for Tips Melindungi Furniture dari Serangan Jamur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *