Menu Click to open Menus
Home » Rumah » Tips Merawat Rumah di Musim Hujan

Tips Merawat Rumah di Musim Hujan

(271 Views) December 5, 2016 7:41 am | Published by | No comment

tips-merawat-rumah-di-musim-hujanBerikut beberapa bagian rumah yang perlu perawatan khusus di musim hujan.

1. Atap

Bahan atap usang atau rusak memungkinkan air untuk meresap ke dalam rumah Anda dan merusak struktur atap Anda. Periksa atap Anda setidaknya dua kali setahun. Jika Anda memiliki loteng, Anda dapat melihat tanda-tanda penetrasi air di bawah atap setelah hujan. Untuk melakukan hal ini, periksa bagian bawah kayu lapis di bawah atap Anda untuk setiap watermark atau cetakan.

2. Cat luar

Hujan bisa berbahaya bagi cat eksterior. Carilah gelembung apa pun, mengelupas atau cat yang retak. Pengelupasan cat bisa terjadi karena kondisi dinding yang lembab akibat rembesan air hujan dari talang air yang konstruksinya kurang baik atau karena proses pengerjaan dinding yang tidak baik. Cara mengatasinya: terlebih dahulu mencari apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Misalnya semua akibat kebocoran, maka perbaiki terlebih dahulu sumber kebocoran, agar air tidak merembes lagi ke dinding dan merusak cat tembok. Setelahnya, lakukan pengerokan terhadap lapisan cat yang terkelupas tadi sampai terlihat permukaan dinding, lalu bersihkan permukaan dan lapisi kembali dengan cat dasar. Jangan terburu-buru untuk segera melapisinya dengan cat sebelum cat dasar tersebut kering dengan baik.

3. Selokan

Kotoran dan puing-puing dapat dengan mudah menyumbat selokan Anda, menyebabkan air hujan tergenang di selokan dan merusak rumah Anda. Pastikan untuk membersihkan selokan dari semua daun dan sampah lainnya secara teratur setiap kali hujan turun.

4. Perabot

Hindari perabot terutama yang berbahan kayu dan besi dari siraman langsung oleh air hujan. Air hujan mengandum zat asam yang dapat merusak kayu dan besi lebih cepat. Bila sudah terlanjur basah, segera dilap dengan bersih sehingga kering kembali.

sumber : pembantu.com

No comment for Tips Merawat Rumah di Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *